Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web

| Sabtu, 22 Oktober 2016


Di dalam sebuah aplikasi web ada banyak profesi yg belum banyak orang ketahui, untuk itu saya akan membahasnya di Post ini, berikut ulasannya.






Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web




  • Web Designer
          Seorang designer web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah mendesain tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs. Fokus utama mereka adalah tampilan/layout dari web. Mereka lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat dan apakah berfungsi sempurna ketika sudah diberikan bahasa pemograman. Dalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
  1. HTML, DHTML
  2. Pengolah gambar
  3. Animasi, Movie (Film)

  • Web Programmer
          Web programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis, dimana agar sebuah web tersebut dapat terlihat mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Progammer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang bekerja diatas situ (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
  1. CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
  2. ASP (NT base)
  3. Java Script dan Applet

  • Web Administrator

          Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan sistem operasi server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
  1. OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)
  2. OS NTJaringan (LAN, WAN, Intranet)
  3. Keamanan server

  • Web Master


          Seorang web master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari desain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggung jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)


  • Web Developer
           Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer. Web Developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan dibuat, membangun sebuah website.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲