Pengenalan HTTP dan HTML

| Senin, 12 Juni 2017
PENGERTIAN HTTP DAN HTML

Hasil gambar untuk html wallpaper

HTTP (Hypertext transfer protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protocol ini mentransfer dokumen-dokumen web yang ditulis atau berformat HTML (Hypertext Markup Language).

Dikatakan markup language karena HTML berfungsi untuk ‘memperindah’ file teks biasa untuk ditampilkan pada program web browser hal ini dilakukan dengan menambahkan elemen atu sering disebut sebagai tag-tag pada file teks biasa tersebut.

Tag HTML biasanya berupa tag-tag yang berpasangan dan ditandai dengan symbol lebih besar (<) dan (><) dan (>). Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan symbol garis miring (/). Misalnya pasangan dari tag adalah <tag> adalah </tag>. Dalam hal ini kita sebut sebagai elemen dan biasanya dalam suatu elemen terdapat atribut atribut untuk mengatur elemen itu. Jadi misalnya elemen bila ditulis dengan atributnya adalah sebagai berikut:
<contoh atribut1=”nilai_atribut1” atribut2=”nilai_atribut2=”…>.

Dalam penulisan tag HTML tidaklah case sensitive artinya pengguna huruf kecil ataupun capital tidaklah menjadi masalah.

STRUKTUR DASAR HTML

<html>
<body>
<p>Dago Rizal</p>
</body>
</html>

Seperti terlihat, struktur file HTML diawali dengan sebuah tag <html> dan ditutup dengan tag </html>. Di dalam tag ini terdapat dua buah bagian besar, yaitu yang diapit oleh tag <head>...</head>  dan tag <body>...</body>.

Penjelasan lebih lengkapnya :
  • Tag <html> ini digunakan untuk menyatakan bahwa halam website menggunakan bahasa HTML.
  • Tag <head> adalah kepala dari halaman website. Pada tag ini anda bisa menambahkan banyak informasi seperti meta, css, javascript, font dan lain lain.
  • Tag <title> digunakan untuk menyatakan title website anda. Tag ini disimpan didalam tag <head></head>.
  • Tag <body> ini digunakan untuk menampilkan isi dari website anda. Semua yang ingin anda tampilkan, dimasukan dalam tag <body> ini, bisa image, teks, video, musik dan lain-lain.


KODE WARNA DALAM HTML
Hasil gambar untuk KODE WARNA HTML

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲