Pemrograman Mobile XII KD 3.1

| Selasa, 31 Juli 2018
Pengenalan Pengembangan Aplikasi Mobile
Apa itu teknologi mobile?
    Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.
    Mobile Computing : Sebuah teknologi yang mengijinkan transmisi data, melalui komputer tanpa harus terhubung secara fisik kepada satu jaringan.
    Yang termasuk mobile computing: – laptop dengan wireless LAN – mobile phone – wearable computer – Personal Digital Assistant (PDA) dengan Bluetooth atau IRDA
Apa kelebihan teknologi mobile?
1. Extreme Personalization
– Ponsel diantara dompet dan kunci motor
– Tempat menyimpan segala informasi pribadi
2. Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun
3. Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (W-LAN) & Instalasi jaringan yang cepat
Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain.
4. Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur
5. Reduksi biaya : dalam kasus pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN.
Apa kekurangan dari teknologi mobile?
1. Rendahnya jaringan bandwidth
Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.
2. Biaya komunikasi asimetrik
Kapasitas bandwidth yang berbeda antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah karena kemampuan perangkat fisik.
3. Koneksi yang lemah
Pengguna Mobile sering terputus dari jaringan. Hal ini terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak. 
4. Konsumsi daya
Karena mobie ini adalah perangkat bergerak, sangat mungkin jika perangkat mobile harus selalu terhubung oleh sumber tenaga perangkat itu seperti battery contohnya. Oleh karenanya, perangkat ini haru memiliki daya battery yang berkapasitas penuh agar efisien ketika di bawa-bawa.
Berbagai Contoh Perangkat Mobile
1. Radio panggil (pager)
    Yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon.
2. Laptop
    Laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. . Kebanyakan laptop juga mencakup beberapa I / O port, seperti USB port, yang memungkinkan keyboard standar dan mouse untuk digunakan dengan laptop. Laptop modern sering termasuk adaptor jaringan nirkabel / wireless, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa memerlukan kabel.
3. PDA (Personal Digital Assistant)
    Pertama kali dikenalkan untuk menggantikan organizer konvensional (agenda). Dimana dulu orang menggunakan agenda untuk mencatat semua jadwal aktivitas, nomor telepon, atau untuk membantunya dalam mengingatkan hal-hal yang penting baginya. Tetapi dengan bertambah pesatnya perkembangan teknologi komputer. Dengan ditemukan dan diperkenalkannya organizer elektronik atau yang sering disebut juga dengan PDA (Personal Digital Assistant), maka orang-orang sekarang mulai menggantikan organizer konvensional tersebut dengan PDA untuk membantunya dalam aktivitas sehari-hari.
4. Smartphone
     Merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti Smartphone. Bagi beberapa orang, smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, Smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. Dengan kata lain, Smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲